The OtherSide Vers. 2

Sisi Lain dari diri saya

WIFI GRATIS PAKE WAJAN PENGGORENGAN Agustus 13, 2008

Filed under: DUNIA IT — nikkiputrayana @ 5:09 am
Tags: , , ,

Manusia memang selalu menginginkan sesuatu yang lebih dan bila digabungkan dengan hal berbau “Gratis” maka menjadi nikmat. Seperti yang sudah saya bicarakan dipostingan sebelumnya, betapa nikmat berinternet dengan gratis di hotspot – hotspot yang bertebaran di seantero Surabaya. Tapi bila itu kita lakukan dirumah dengan gratis bagaimana ?? Kita bisa internet-an sambil makan, tidur – tiduran, dan kalau mau sambil nungging pun bisa (kalo yang ini mana bisa kita lakukan di area publik), itu semua menjadi sungguh nuikmatt. Jadi pertanyaannya, bisakah kita berinternet secara gratis dirumah ?? Jawabnya BISA.

Semuanya bisa kita lakukan asal menggunakan hukum Bang NAPI di acara berita kriminal di stasiun TV RCTI. Bukan waspadalah …. waspadalah …. tapi BISA asal ada niat dan kesempatan. Niat disini artinya kita mau bersusah – susah dan garuk kepala (maksudnya mikir dan pakai modal tentunya). Kesempatannya adalah ada area hotspot didekat anda ( ya sekitar 2-3 km dari tempat anda, semakin dekat semakin baik).

Caranya bagaimana ?? Pakai alat penangkap sinyal hotspot ?? Hampir benar. Jawabnya yang paling banyak bertebaran di dunia internet gratis adalah WIRELESS WAJAN. Loh ???? kok wajan ??? Mau masak ?? Bukan, kita bukan mau masak atau mau guyonan saja. Memang alatnya dari wajan. Karena secara teori hotspot – hotspot wireless itu semuanya memakai gelombang radio dalam hal transmisi datanya. Bukakah kita bisa menangkap siaran radio walau dengan kabel yang ditancapkan dipesawat radio. Bukankah kita bisa menangkap siaran televisi dengan hanya menggunakan antena TV yang sebenarnya hanya terbuat dari alumunium. Pernahkan anda lihat ada orang – orang dikampung memakai tutup panci agar siaran TV tambah jernih ? Nah itu dia awal konsep berpikir kita bahwa HOTSPOT WIRELESS itu juga bisa ditangkap alat – alat yang sederhana, hanya tinggal dimodifikasi agar gelombang yang sudah kita tangkap bisa menjadi data kembali yang artinya kita pakai menjadi internet kembali. Bukankah TV dan radio juga seperti itu.

So … sebelumnya, bentuklah kerangka berpikir anda secara sederhana dengan poin – poin berikut sebelum melangkah lebih lanjut untuk membuat dan memakai alat WIRELESS WAJAN.

1. INTERNET GRATIS ini perlu SYARAT.

a. Ada hotspot atau tempat yang menggunakan internet memakai sistem wireless. Sehingga dari hotspot itulah kita masuk untuk menggunakan internet.

b. Jarak wajan anda dengan hotspot adalah tidak sangat jauh. Kira – kira 1 – 2 km (tambah jauh anda harus memperbesar diameter wajan dan tambah melemah sinyal gelombangnya, tambah dekat akan tambah bagus, apalagi hotspotnya disebelah rumah anda, ini sih anda ndak usah pakai antena wajan)

c. Hotspot yang anda tangkap adalah gratis. Artinya tidak dikunci oleh penyebar hotspot itu, yang artinya tidak ada gambar gembok di gambar sinyal hotspot di komputer. ( Kalau anda didaerah hotspot itu saja tidak bisa masuk atau minta password itu namanya tidak gratis, artinya itu menjadi gratis bila anda bisa menjadi hacker, dan itu artinya cerita lain lagi, nanti saja saya ceritakan)

d. Hotspot dan wajan anda tidak terhalang bangunan tebal, pepohonan yang rapat. Artinya tambah bablas tanpa halangan itu sangat baik. ( ingat, siaran TV anda pun akan ada semutnya bila antena anda terhalang bangunan orang.)

2. Anda tetap perlu MODAL.

a. Disini anda perlu beli alat – alatnya donk. Yang paling mahal adalah WLAN USB. (sebenarnya didunia itu yang gratis.. tis… itu ndak ada kecuali kentut. Dan tanpa uang bagaimana bisa bikin alat)

b. Tekad pantang menyerah. Loh ???? ini yang paling penting. Ilmu itu absolut alias pasti dan WIRELESS WAJAN ini sudah terbukti oleh banyak orang secara teoritis dan prakteknya bisa. Bila tidak bisa berarti kesalahan ada pada diri anda atau alat yang kurang tepat bukan pada ilmunya. Sehingga cobalah analisis, tahap mana yang membuat anda gagal.

3. Pelajari dan mengertilah semua tahapannya.

a. Semakin jauh jarak antena dengan komputer anda yang artinya semakin anda mempertinggi antena maka sinyal dari wajan kekomputer akan melemah atau bahkan hilang. Sehingga anda perlu alat penguat transmisi sinyal pada kabel. (Ingat, kenapa PLN menggunakan trafo – trafo penguat tegangan listrik dipinggir jalan, karena arus listrik akan banyak hilang dalam perjalanan dikabel yang sangat jauh itu)

Oke … kita mulai saja alat – alat yang kita butuhkan. Disini saya bocorkan sedikit harga barangnya sebagai kisaran saja. Mungkin dapat berbeda – beda. Apalagi anda bisa mendapatkannya secara gratis tapi jangan nyolong.

1. High Speed USB WLAN.

Ini alat paling penting. Karena inilah mbah dari otak penangkap sinyal hotspot wireless. Dialah yang mengubah gelombang radio yang ditangkap wajan menjadi data kembali di komputer anda. Harganya dulu sekitar 200rb contoh mereknya adalah D-Link DWL-G122.

2. Wajan.

Ya wajan penggorengan itu. Ukuran diameter minimal 40 cm. Syaratnya adalah alumunium tambah baik, cekungannya tidak terlalu cekung alias dalam, Bulat bunder ser, dan tidak ada yang make seperti istri, ibu atau tetangga anda. Harganya sekitar 30-50 rb, mereknya, halah masak ndak tau nyari wajan sih ???

3. Pralon 3 inci sepanjang 23 cm.

Tau pralon kan, itu tuh pipa yang buat nyalurin air dari talang air. Carilah yang tipis saja, agar gelombang sinyal dapat mudah diserap.

4. Tutup pralon 3 inci 2 buah.

Ini nantinya buat nutup kedua ujung pralon. Tanya aja ditoko bahan bangunan.

5. Alumunium Foil

Tau kan lembaran alumunium foil yang buat bungkus ikan bakar, ngoven atau dipake nyabu itu loh. Ndak banyak kok pakenya. Beli satu gulungan aja dah lebih dari cukup.

6. Busa atau gabus alias styrofoam.

Yang ini sih nyari aja atau minta. Cuma buat ganjel – ganjel USB WLAN aja nantinya.

7. Kabel USB.

Ini nanti buat sambungan antara USB WLAN yang ada diantena wajan dengan komputer. Cari aja di toko alat sparepart komputer pasti tau dan kedua ujungnya cari yang beda cewe dan cowo, jangan yang sejenis ndak kawin ntar. Harganya sekitar 20rb.

8. Kabel UTP atau LAN 12 meter.

Ini sebagai pemanjangan dari kabel USB yang kita potong dan sambung dengan kabel UTP ini. Karena kalo kita beli kabel USB jadi itu paling panjangnya 1 meteran. Mana bisa diolor keatap rumah. Kita butuh kabel jenis lain bila anda mau lebih panjang lagi, karena ingat semakin panjang semakin hilang sinyalnya. Harga 3rb permeter.

Alat – alat diatas adalah bahan – bahan basic atau dasar yang harus wajib anda sediakan. Kalo anda mau nambah – nambah bisa saja. Seperti,

1. USB Active Extension Cable

Ini adalah kabel khusus untuk kabel USB yang panjang – panjang, Satu gulungan panjangnya 5 meter. Tiap ujungnya ada chip untuk penguat sinyal. Dengan memakai ini anda tidak perlu pakai kabel USB yang disambung kabel UTP. Anda bisa olor kabelnya sampai maksimal 20 meter. Kabelnya sudah jadi lengkap tinggal colok ke USB WLAN dan komputer, sambung – sambung jadi deh.

2. Klem,Solder, Bor dan kawan – kawan sejenis.

Ini agar wajan wireless yang sudah jadi bisa dikaitkan di penyangga apa saja. Yang lainnya ini sih kreativitas anda sendiri saja. Pada intinya bagaimana caranya wajan anda usahakan tidak gondal gandul kena angin. Dapat berdiri tegak diatap rumah, dan lestari nongkrong berbulan bulan dipanggang matahari.

Oke … sekarang siapkan maharnya diatas tadi, dan kita kerjakan tahapan tahapannya. Sebelumnya siapkan diri anda mengukur dan berhitung.

1. Siapkan wajan anda.

Yang paling penting disini adalah bagaimana kita menentukan titik fokus dari gelombang. Ingat, hukum fisika bahwa gelombang yang datang akan dipantulkan, seperti kita mengumpulkan berkas sinar dengan kaca pembesar untuk membakar kertas. Itulah titik fokus. Rumusnya :

F =

16 x C

Dimana : F = jarak dari dasar wajan ke titik fokus.

D = diameter wajan.

C = jarak antara dasar wajan sampai mulut wajan atau kedalaman wajannya.

Sehingga bila contohnya diameter wajan 40 cm dan kedalaman wajan 7 cm maka titik fokusnya adalah 14,28 cm. Ingat – ingat kita bekerja pada bidang teknis yang memerlukan ketelitian. Dua angka dibelakang koma masih sangat sangat berarti.

Catat hasil perhitungan anda, ini nantinya kita gunakan sebagai acuan untuk titik masuk gelombang dipralon. Dimana dibagian titik fokus itu, pralon pulai kita lapisi alumunium foil. Tapi itu urusan berikut. Pokoknya kita siapkan wajan.

Lubangi bagian tengah (usahakan benar – benar tepat ditengah, triknya letakkan kelereng dalam wajan anda, disanalah titik tengahnya). Bautkan dengan tutup pralon. Ingatlah bahwa titik dasarnya tetap diukur di wajan bukan dari dasar pralon.

Kalau perlu wajan anda lubangi sehingga tidak gondal gandul ditiup angin. Ini tidak mengurangi tangkapan gelombang. Kalau mau cantik juga bisa dicat.

Bila sudah kita lanjut ke bagian pralon.

2. Mempersiapkan bagian Tabung Sensitif Antena

Ini adalah bagian terpenting dari antena wajan, perlu anda kerjakan dengan teliti dan disinilah nanti kemungkinan kegagalan anda.

Bagian ini nanti kita isi dengan USB WLAN. Secara teoritis anda perlu berhitung kembali untuk menentukan dimana persisnya kita harus menentukan letak USB WLAN. Karena gelombang yang dipantulkan wajan, akan dikumpulkan didalam tabung dan ditangkap oleh USB WLAN pada jarak tertentu.

Sebagai Tabel Pembanding anda bisa memakai tabel berikut.

D (mm)

L (mm)

76

96.177

77

86.819

78

79.989

79

74.738

80

70.551

81

67.117

82

64.243

83

61.794

84

59.679

85

57.832

86

56.202

87

54.752

88

53.453

89

52.281

90

51.219

91

50.25

92

49.364

93

48.549

94

47.797

95

47.101

96

46.455

97

45.853

98

45.292

99

44.767

Dimana D = diameter tabung pralon (dimana diameter pralon kita adalah 3 inci = 90mm)

L = jarak antara tutup tabung pralon diatas dengan penempatan USB WLAN.

Sehingga bila 90mm atau 9 cm, jaraknya 51,219mm utowo 5 centian.

Dengan menggunakan perhitungan diatas, lubangi pralonnya dijarak tersebut untuk memasukkan USB WLAN sehingga hanya ujung koneksi USB yang terlihat diluar.

Ganjal USB WLAN dengan busa atau gabus, sehingga tepat berdiri tegak lurus didalam tabung dan tidak bergerak lagi.

Tutup pralon yang satunya, yang hendak kita tutupkan di tabung pralon, kita lapisi alumunium foil pada bagian dalamnya. Kemudian tutuplah tabung pralon.

Sekarang kita melapisi bagian luar tabung pralon dengan alumunium foil. Ingat, bukan semua bagian tabung, hanya 2/3 bagian tabung dari tutup atas, 1/3 bagian bawah tidak ditutup. Berapa panjang bagian dari tutup atas yang kita lapisi alumunium foil ? Ingatlah, panjang titik fokus wajan. Panjang tabung dikurangi panjang titik fokus, hasilnya itulah panjang bagian yang dilapisi alumunium foil.

Ini ada tambahan persyaratan. Ingat bahwa, panjang lapisan alumunium foil minimal 3 kali panjang jarak perletakan USB WLAN. Sehingga bila jarak letak USB WLAN anda 5,1219 cm maka jarak minimal yang dilapisi adalah 15,366 cm. Bila jarak itu kurang dengan jarak titik fokus maka artinya wajan anda terlalu kecil. Makanya itu, wajannya minimal 40 cm dan jangan terlalu dalam cekungannya.

Setelah itu jadikan satu bagian sensitif tabung dengan wajan yang sudah terpasang tutup bagian bawahnya. Sehingga secara lengkap gambar antena wajan wireless ini seperti berikut :


3. Urusan Perkabelan.

Sekarang kita akan menyambung kabel USB dan UTP sehingga antena wajan bisa kita pasang dan kita berinternet diatas genteng.

Putuskan kabel USB sehingga menjadi 2 bagian. Dan sambung kabel – kabelnya dengan aturan berikut :

Ingatlah aturan nomer 3 diatas, semakin panjang kabel anda maka resiko hilangnya sinyal dalam perjalanan dari antena ke komputer juga semakin besar. Sehingga ada yang bilang lebih baik untuk amannya anda beli USB active extention cable, apabila anda mengolor kabel lebih dari 10 meter.

Oke … sekarang urusan kabel sudah siap. Berlanjut ketahap pencarian sinyal terbaik dikomputer.

4. Pencarian Sinyal.

Ingatlah aturan nomer satu bahwa kita harus bebas hambatan atau istilah teknisnya LOS (Line of Sight) benar – benar tidak terhalang untuk kesempurnaan tangkapan sinyal. Maka dari itu masuk akal juga bila orang – orang desa antena Tvnya tinggi – tinggi pakai galah bambu. Gunakan kompas anda untuk benar – benar menentukan arah hotspot dengan benar.

Agar anda mengetahui kekuatan sinyal dengan baik. Anda bisa gunakan software pencari sinyal wifi seperti netTumbler atau Vistumbler. Anda bisa mendowloadnya di link berikut :

Selanjutnya adalah kegigihan anda untuk mencari sinyal terbaik dan bila anda gagal maka merenunglah, bagian mana yang salah. Sekali lagi, Ilmu itu Absolut dan kesalahan adalah pada diri anda dan alat anda, bukan pada ilmunya. J

Serta ingatlah bahwa antena ini hanya menangkap sinyal dalam jurusan 90⁰ bukan 360⁰ seperti pada wifi Laptop. Sehingga, hotspot dibelakang, kanan dan kiri antena anda tidak akan ikut terlacak. Jadi, anda perlu memutar – mutar antena anda untuk mencari hotspot terbaik bila ada hotspot lebih dari 1 disekeliling rumah anda.

GAMBAR – GAMBAR spesifikasi bisa anda dapatkan pada link download ini :

Disadur dan disarikan dari :

a. WAJANBOLIC BAGYA oleh BAGYA SOETOWO, di bagya217@yahoo.com

b. Dhegleng Network oleh Mbah Dhegleng, di www.dhegleng.or.id

Bagi anda yang ingin nambah – nambah ilmunya monggo dibuka 2 situs tersebut. Saya juga belajar dan terinspirasi dari beliau – beliau yang lebih pintar dan lebih paham tersebut.

About these ads
 

63 Responses to “WIFI GRATIS PAKE WAJAN PENGGORENGAN”

  1. ABDUL SYUKUR Berkata

    Kalo harga jadinya brp ya? n dimana ada jual, bls ke email : skoer_abdul@yahoo.co.id tq

  2. podowonge Berkata

    mbah extension USB to UTP klo dicolokin ma laptop bs ga sih, ko 10m aja dah kehilangan power? kira2 hrs dtambah apa lg?

  3. nikkiputrayana Berkata

    #podowonge
    kalo ndak salah nih ya, di linknya mbah degleng sih katanya arus listrik laptop kecil jadi ndak kuat buat 10m. Coba masnya baca di linknya itu. Saya pribadi ndak pernah coba sampe 10 m. Cuma 5 m doank.
    Waduh jangan panggil mbah donk hehehe… saya kan cuma pengikut mbah degleng itu… ntar kualat saya hehehehe

  4. Aziz Berkata

    nik…
    aluminium foil tu belinya di toko apa ya? di tempat saya susah amat carinya… or mgkn saya yang g tau carinya dimana?

    tuk podowonge…
    saya pernah baca juga udaa praktekin pemanjangan kabel USB dengan UTP. yang perlu anda lakukan hanya setingan di bios komputer anda. setigan dasarnya kan USB 2.0, setau saya setingan itu lemah. setingannya diubah aja jadi USB 1.1 biar mantap… ;)
    coba aja dulu…
    good luck

    • nikkiputrayana Berkata

      #aziz
      alumunium foil itu bisa dicari di minimarket or supermaarket
      itu lo yang biasanya buat bungkus masakan supaya tetap anget, yang jualnya gulungan lembaran tipis seperti kertas mengkilat.
      kalo kamu cari di hero, giant, indomaret pasti ada kok

  5. ardhadedhali Berkata

    sip…
    tuntunan yang bagus…
    nih ada pikiran juga mbuat wireles wajan…
    tapi tempat hotspotnya lumayan jauh sih..

  6. Genter Berkata

    bozz kalo jaraknya 7km kira2 bisa nangkap sinyal gak ?????
    soalnya saya tinggal di desa jarak rumah saya dgn pemancar hotspot uda kehitung 7km,,,teus gmn donk apa masih bisa di akal2in lg,,?? tolong yak tingkyu

    • nikkiputrayana Berkata

      #Genter
      wah ndak pernah tuh sampe 7 km. Ada yang bilang 5 km aja udah agak lemah. Yang pasti sih jangan sampe ada penghalang antara rumahmu sama hotspot, baik itu rumah, pohon atau apa lah, bablas pokoke……

  7. Anton Berkata

    boz mau tanya neh?a punya TP-WN321G klo pake wajanbolic jangkauan max smp brp ya ke area hotspotnya? thank’s atas waktunya

    • nikkiputrayana Berkata

      #anton
      saya sendiri sih bukan orang teknik elektro seperti mbah degleng itu. Tapi menurut banyak literatur yang saya baca dari jagad internet (karena saya belajar otodidak), jangkauannya akan sangat lemah bila lebih dari 5 km (dengan catatan antena benar2 bablas menuju hotspotnya, ndak ada halangan baik pepohonan rimbun, tembok, rumah)

  8. yudhi Berkata

    saya sngat salut

  9. baidlowi Berkata

    sy sangat salut bisa gak sya di ajarin

  10. boang Berkata

    kalo mau pesan dimana bos.. soale saya bingung semua dengan komponennya itu

  11. boang Berkata

    saya dikabupaten pakpak bharat, mau beli alatnya saja saya ngga tau kemana

  12. boang Berkata

    tolong dikirim informasinya ke email saya bos ya…

  13. nikkiputrayana Berkata

    #boang…
    wah … wah … mau dikirim kemana boss ??? alamat emailnya aja ndak boss kasih… hehehehe ke presiden SBY ???
    SAya ini bikin cuma iseng2 berhadiah dan kebetulan kena… jadi bukan pabriknya… kalo disuruh bikin lagi belum tentu berhasil, tergantung kondisi daerah saudara… LOSnya itu loh… beda2 tiap tempat, nanti sudah saya bikinkan dicoba ditempat saudara ndak bisa, dibilang penipuan saya nanti, masuk koran… pusing lah awak… ada dokter menipu bikin wifi wajan… malulah awak hahahaha…..
    coba saudara cari2 di internet di mbah google, ketik jual wifi wajan, ada kok yang jual, meskipun harganya pasti lebih mahal daripada bikin sendiri.

  14. ipul Berkata

    ada ya yang jual langsung jadi nya?

  15. muta Berkata

    ok makasih,makasih pol njeduk,njeduk dor malah

  16. mgeng Berkata

    om.. klau pake USB penguat sinyal wi fi yang item trus ada anten nya bisa gak sih…..
    kalau gak salah USB d/g 8.11

  17. will Berkata

    wireless saya wireless lan 802.1 1b/g billionton bisa gak dipakein antena wajan nya … max berapa jauh jarak hotspot yg bisa ditangkep

    makasih jawabannya

  18. yanu ariyanto Berkata

    saya dapet sinyal berjarak kurang lebih 4 km, tapi karena cuman 1strip saja (indikator) maka nggak bisa konek, gimana kalo pake wajanbolik bisakah ??

  19. adam Berkata

    saya mnta artikelnya ya mas

  20. chivo Berkata

    siip tutorial nya,..
    mudah di pahami….

  21. Loenz Berkata

    Kalo utk hp gmn bos?, saya pake SE P990 n dr t4 jemuran saya ad dpt hotspot yg open walaupun cmn 1 bar. Tank-Q

  22. anggriawan` Berkata

    kak aq mau tanya???? aq tingal di dalam sebuah universitas trus banyak bgt gedung2 yang besar!!!! apkah gedung2 tsb dapat menghalangi sinyal yang diterima!!!! trus total harganya berapa ya>>>>>>>>>>>>>>>>>
    tlg di bls di e-mail ni:::
    boy_inlog@yahoo.co.id thanks before (^_^)

  23. sony asano Berkata

    aku kurang pinternih boss…!!!bingung bos ngitungnya….
    kalo yang dah jadi ada gak???dapetnya dimana?trus harganya berapa?btw aku dijogja yang katanya nyaman tp tambah puuuanas…!!!

  24. encef fitrian Berkata

    di hutan bisa gax

  25. Kico Berkata

    Klo buat laptop gimana bos? Kan wifi nya built ini gtu..
    Mohon bimbingannya mbah.. hehe..

  26. YAIK Berkata

    bisa kesambar petir nggak boss…?

  27. kandang Berkata

    numpang tanya mas!
    sinyal wireless dari rumah saya sinyalnya istimewa. bisa tersambung, tapi tdk bisa mengakses.
    wireless nya tu da gambar komputer to komputer. madsudnya apa sih? dan gmn cara koneknya?

    tlg krm ke email aq ya mas!

  28. Agung Berkata

    kalo mau cari selurh alat nya yang ada di artikel di atas itu di mana ya…..????????

    tlong bales ke E mail juga perincian uang yang harus di keluarkan
    makasih ya info nya

  29. Joeny coperc Berkata

    MAS PAKE LAPTOP NOBOOK bYON JG TIDAK PAKE ALAT PUN BISA MENDETEKSI WIFE KOK,,,,,,,,,JD KU INTENETAN GRATIS DI RUMAH TAMPA PAKE ANTENA,,,,,,

  30. yanto Berkata

    hi sob gw salut ma lu….. semoga ilmu yg lu kasih ma mahkluk pecinta komputer bermanfaat dunia dan akhirat.

  31. Muthy Berkata

    Makasih… Om infonya …. siiiip.

  32. adzi Berkata

    mau nanya….
    di tempat gw ada yang ngejual sinyal rentalan
    gw pake laptop….
    tapi sinyalnya cuma dapet satu…
    biar sinyal ke tangkapnya gede…gimana ya???

    nuhun kang

  33. Hidayat Sulistya Raharjo Berkata

    makasih ntuk semuanya yha bozz.,,.berkat mu jadi gampang deh internetan ,..,,..,.,.,.,

  34. udin Berkata

    muanteb rekk

  35. ricardo Berkata

    mantap….bro…
    hri gini jarang ada org yg mau bagi2 ilmu gratis…

    klu punya saya berhasil…ntar sya donasi deh…

  36. ricardo Berkata

    bro….klu pake laptop…bisa?

  37. ojie Berkata

    bisa ga pake antena biasa?

  38. Bocah Keyenz Berkata

    oi abg2….
    sinyal wifi bnyk di kota ku…tapi ada bangunan2…
    cara nya gmn???ntar klo paki tiang,,tkut kena petir -.-

  39. Bocah Keyenz Berkata

    mau tanya lagi neh….
    klo kira2 jarak dr hotspot wifi nya ke rumah ku 5km,diameter wajan nya brapa kira2…ntar takut dah kebeli,rupanya gk nyampe
    hehe

  40. farid Berkata

    kalo mnt buatin hrg nya brp?
    kirim ke mfaridumar@gmail.com ya..
    tq

  41. bayu Berkata

    om…rmhku dari wifi hotspot jaraknya kira-kira 1km…mau tanya kira-kira tinggi antenanya berapa ye??
    makasih.

  42. bayu Berkata

    mau tanya lagi om…aku coba belum pake antena sinyalnya..1 strep…g bisa conect tuh..klo pake antena kira kira bisa conect gak yah??
    mksih.

    • nikkiputrayana Berkata

      @bayu
      masalah connect tuh bukan dari wajannya, wajan bolic cuma buat memperkuat sinyal yang lemah saja.
      masalah connectnya, apakah tuh hot spot emang dibuka atau diprotek.. nah masalah berikutnya tuh bro

  43. maswok Berkata

    mas tak jajal dulu yo.tp tanya USB wifi LAN yng bags merk pa ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.