The OtherSide Vers. 2

Sisi Lain dari diri saya

RESENSI LOVE Februari 25, 2008

Filed under: TENTANG FILM KOE — nikkiputrayana @ 7:45 am
Tags: , , ,

Sudah sering juga nonton film Indonesia di Bioskop. Seperti yang sudah2 tidak pernah pingin yang namanya nonton film genre horror. Karena rasanya seperti buang2 uang saja. Walaupun begitu terkadang supaya jangan terlalu kecewa untuk menonton film Indonesia lebih memilih film berbau komedi yang sekarang banyak bertebaran. Itung2 kalo filmnya tidak bagus ya, terhibur dengar lucunya. Atau paling tidak nunggu komen dari temen2 yang udah nonton.

Tapi kemarin barusan ketemu film Indonesia yang menurut aku bagus n layak diacungi jempol untuk keseluruhan penggarapan. Awalnya sih pingin nyoba nonton di sinema XXI yang barusan dibuka di salah satu mal di Surabaya. Banyak juga film Indonesia yang lain tapi doi akhirnya milih film LOVE. Memang film ini udah tayang n diulas di media beberapa minggu sebelumnya. Tapi seperti yang sudah2, aku anggep dingin film Indonesia. Karena, kadang ceritanya kurang begitu realities dan terlalu hiperbola, ditambah terlalu banyak bumbu borjuis disitu seperti contoh Eiffel .. I’m in Love atau HEART. Tidak Indonesia banget menurutku belum lagi ditambah acting pemainnya yang kurang menjiwai. Namun untuk film LOVE ini, dari semua film Indonesia yang termasuk bagus, seperti GIE atau BERBAGI SUAMI rasanya LOVE bolehlah menjadi film yang layak diacungi 2 jempol.

LOVE, masih bertemakan cinta seperti yang sudah banyak beredar, namun ingin bercerita lebih dalam akan makna cinta itu dari semua segi manusia, baik itu usia, kalangan, status, maupun dari segi macam2 cinta itu sendiri. Penggarapan sinematografinya boleh dibilang bagus, dengan sudut pengambilan gambar, warna, dan kreatifitas yang indah tanpa terlalu overdosis.

Akting pemainnya juga sangat menawan, terutama Sophan Sophian dan Widyawati. Bagi kalangan muda yang belum pernah melihat aktingnya di tahun 70-an dan 80-an, boleh melihat bagaimana hebatnya acting kedua tokoh gaek ini. Akting pemain muda lain yang bagus menurut jajaran actor/aktris Indonesia, disini juga tampil menawan, yaitu Wulan Guritno, Surya Saputra, dan Fauzi Badillah. Pemain lain seperti Acha dan Irwansyah, pabila dalam film terdahulu dirasa hambar disini sudah mulai dapat dikatakan baik. Atau pendatang baru seperti Darius. Sehingga terasa benar seperti ada proses regenerasi dan pembelajaran antar pemain disini.

Dari sudut musik, boleh dibilang juga sangat menawan. Musik instrumental dan Soundtracknya sangat pas dan membantu dalam mengaduk2 perasaan penonton. Karena mungkin kita juga pasti tidak akan meragukan orang dibalik penggarapannya, yaitu Erwin Gutawa. Terutama dalam scene2 sedihnya, sungguh dapat menghadirkan aura sedih itu tanpa banyak kata2 dari pemain itu sendiri misalnya.

Namun dari semua itu yang juga tidak dapat dipungkiri adalah kemampuan sang narrator dan sutradara untuk mengkompose semua cerita masing2 pemain. Alur cerita memang dapat mengaduk perasaan penonton dengan baik sehingga penonton dapat benar2 merasakan semua perasaan pemain dengan baik dan tuntas.

Kalaupun ada kekurangannya, mungkin dari sisi editing walaupun tidak mengganggu, dibeberapa scene kurang teredit dengan baik. Dan mungkin bagi penhobi film bergenre drama romantic produk Hollywood, akan merasakan beberapa kemiripan. Namun itu tidak menjadi masalah karena sutradara dapat mentransfer dan menerjemahkan ke citarasa Indonesia dengan apik tanpa menjiplak mati2an.

So …. Kesimpulannya. Film LOVE sangat cocok ditonton bagi orang2 yang menganggap cinta adalah hal yang serius, baik yang sudah menemukan maupun belum. Juga sebagai film yang layak untuk dikenang dalam perfilman Indonesia khususnya dimasa sekarang. Just watch it n prepare your own tissue.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s