The OtherSide Vers. 2

Sisi Lain dari diri saya

Papercraft Ndak Jadi – jadi Agustus 16, 2008

Filed under: KESEHARIAN — nikkiputrayana @ 11:36 am
Tags:

Papercraft atau seni membentuk suatu bentuk 3D dari bahan kertas ini juga merupakan hobi iseng dikala senggang. Papercraft ini sih bermacam – macam mulai dari yang paling sederhana buat anak TK sampai yang rumit buat para penghobi. Apalagi papercraft yang saya buat juga tinggal download, print, gunting, lipat, lem dan rakit. Sungguh mudah dan menyenangkan.

Saya pribadi sih kalo lagi malas mikir biasanya bikin papercraft yang sederhana saja yaitu bentuk kotak. Di jagad internet papercraft dengan bentuk sederhana ini sangat mudah di cari dan didownload, biasanya hanya berbeda dari variasi warna, gambar dan pernik – pernik kecil pendampingnya.


Tapi ada juga yang tingkat menengah yang mengharuskan kita membaca gambar petunjuk perakitannya. Biasanya ini bisa diselesaikan dalam hitungan jam. Papercraft tingkat menengah ini juga masih mudah dicari dan sekarang hampir kebanyakan produsen printer dan perusahaan besar terutama yang berasal dari jepang mempunyai web site atau halaman khusus untuk mendownloadnya secara cuma – cuma.

Meningkat lagi adalah tingkatan yang rumit. Tingkatan ini selain kita harus benar – benar membaca dan memahami petunjuk perakitan juga membutuhkan kesabaran, ketelitian dan ketelatenan. Bentuknya sangat detail mulai dari semua bentuk sekecil – kecilnya, skala modelnya, warna dan sebagainya. Di internet, papercrat tingkat rumit ini agak susah mencarinya bila kita ingin gratisan (biasa saya selalu tertarik untuk hal gratis😀 ). Kebanyakan website yang menyediakan model papercraft ini selalu berbayar. Ini tidak mengherankan karena satu model bisa lebih dari 5 – 10 lembar karena banyak bentuk – bentuk kecil yang sangat detail menjadi bagian perakitan. Waktu perakitannya biasanya berhari – hari atau malah berminggu – minggu (tergantung besar dan detail model juga waktu yang disediakan perakitnya). Tapi kalau kita mau berkeringat dan jadi ngeyel-er banyak juga sebenarnya. Ada dua tempat yang biasanya jadi rujukan saya. www.ss42.com dan www.sr-fraude.com

Nah … saya coba juga yang rumit ini suatu ketika karena sudah bosen dengan yang gampang – gampang. Ceileeee….. Saya coba model kapal tempur Perang Dunia II yang terkenal yaitu Bismarck. Kapal tempur terbesar dan tercanggih saat itu, kapal yang legendaris dari pihak Jerman. Detail kapalnya sangat detail mulai dari jangkar kapal, lampu sorot kapal, sampai cerobong udara dek kapal dan tiang – tiang layarnya kita rakit kecil. Belum lagi satu persatu canon utama mulai yang paling besar sampai senjata anti pesawat udara juga kita bikin. Sampai – sampai saya harus beli pinset dan putar otak untuk merakit bentuk – bentuk yang super kecil. Pada awalnya sih saya setiap hari menghabiskan waktu minimal 2 jam. Pembuatan dek, rangka kapal, dan bagian utamanya masih lancar jaya. Sampailah pada detail yang rumit waktu menjadi sangat lamban. Pernah juga satu hari dengan menghabiskan waktu 4 jam saya cuma bisa membuat 2 buah pesawat pengintai dan 2 buah canon kecil. Atau sehari hanya meyelesaikan detail 1 tingkat dek kapal. Sungguh melelahkan. Akhirnya setelah 7 bulan pengerjaan kapal itu mangkrak belum jadi – jadi 80 %. Beberapa detail kapal dan tutup lambung kapal belum jadi – jadi.

Doakan saya bisa menyelesaikannya. Paling tidak selasai berbarengan dengan selesainya jembatan Suramadu yang juga ndak selesai – selesai.

Atau mungkin ada yang mau coba – coba ngerakit pesawat B-29 diatas ? ya klik aja digambarnya untuk downloadnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s