The OtherSide Vers. 2

Sisi Lain dari diri saya

NYEWA BUKU ONLINE Agustus 20, 2008

Filed under: JAGAD WEB — nikkiputrayana @ 5:54 am
Tags: ,

Ini merupakan hal baru bagi saya. Entah bagi pembaca yang lain apakah sudah pernah tahu sewa menyewa buku secara online. Pagi tadi saya baca di halaman metropolis, Jawa Pos yang memuat akan web site sewa menyewa buku secara online. www.bookoomoo.com namanya. Langsung saja ketika saya ada kesempatan untuk nge-net saya buka web sitenya. Dan memang benar bahwa isinya tentang sewa menyewa buku walaupun katanya juga bisa jual beli buku.

Iseng – iseng saya coba ketik search, Pramoedya Ananta Toer. Lumayan ternyata ada 3 koleksi bukunya yaitu Bumi Manusia dengan harga sewa 9ribu, Perawan Remaja dalam cengkeraman militer dan Perburuan dengan harga sewa 5ribu. Kalau saya lihat total koleksinya ada sekitar 300-an (mungkin ada yang iseng mau hitung ????) dan dari berbagai macam kategori. Lumayanlah buat tambahan referensi perpustakaan untuk mencari buku – buku yang aneh – aneh.

Dari segi tata cara sewa sih bagi kita yang terbiasa menyewa langsung ditempat mungkin akan agak ribet. Karena Bookoomoo mengharuskan kita register di web sitenya, memasukkan deposit dengan mentransfer uang, kemudian dikonfirmasi ulang olehnya, memesan buku secara online (mereka tidak menerima pinjam langsung ditempat), konfirmasi, kemudian inilah mungkin kelebihannya yaitu diantar ketempat penyewa. Begitu pula saat pengembalian buku yang diambil dialamat penyewa. Namun untuk itu bagi penyewa harap memperhatikan tambahan biaya plus buat pengantaran diluar area yang ditentukannya. Singkat kata, pahamilah dulu keseluruhan tata cara sewa dari bookoomoo sebelum memutuskan meminjam. Oh .. ya. Mereka hanya melayani kota Surabaya saja. Bagi para suro dan buaya silakan coba lihat.

Terlepas dari semua keribetannya saya pikir ini terobosan yang berani didunia jagad maya. Keuntungannya yang mungkin bisa diharapkan adalah kita memiliki alternatif tempat sewa bila mencari buku – buku yang jarang kita peroleh tau bisa baca (tergantung koleksi mereka juga sih, jarang yang punya apa nggak ??). Tapi mungkin mereka bisa jadi pelopor ide – ide kreatif lain untuk menggunakan e-commerece.

 

Tinggalkan Balasan

