The OtherSide Vers. 2

Sisi Lain dari diri saya

PCMAV 1.6 (September 2008) Agustus 20, 2008

Filed under: DUNIA IT — nikkiputrayana @ 3:28 am
Tags: , ,

Seperti postingan saya sebelumnya saya akan rajin memuat update PCMAV sebagai anti virus lokal yang lumayan sangat berguna membasmi virus – virus lokal.

PCMAV 1.6 ini adalah update bulan september 2008 pada majalah PC Media terbitan september 2008. Bisa didownload pada link dibawah :

PCMAV 1.6 2.4 MB

Sebenarnya bila kita baca isi readme dari paket PCMAV, maka disana ditulis bahwa PCMAV akan dapat memindai atau menscan virus lebih banyak apabila kita menggabungkannya dengan program antivirus bernama clam AV. Disini penggabungannya tidaklah terlalu sulit sangat gampang sekali. Saya akan menyadur tulisan readme dari PCMAV sebagai panduan anda untuk penggabungannya :

CLAMAV 0.93x

============

1. Prosedur penginstalan library ClamAV

A. Download file library ClamAV dari alamat berikut:

http://oss.netfarm.it/clamav/

Lihat pada bagian “Current Stable”, dan download file library clamav 0.93.1 dengan meng-klik link yang sesuai, seperti misalnya http://oss.netfarm.it/clamav/files/clamav-win32-0.93.1.7z. Apabila link tersebut sudah tidak aktif lagi karena adanya update atau adanya perubahan versi, silakan saja download file baru yang tersedia tersebut.

B. Setelah Anda mendapatkan file “clamav-win32-0.93.1.7z” hasil download tadi, lakukan ekstrak beberapa file berikut ke dalam folder di mana PCMAV Cleaner/RTP berada:

– libclamav.dll

– libclamunrar.dll

– libclamunrar_iface.dll

2. Prosedur penginstalan database virus ClamAV

A. Download dengan menggunakan download manager file database harian dari alamat berikut ini:

http://db.local.clamav.net/daily.cvd

CATATAN: Jika dengan cara penunjukan langsung alamat seperti di atas browser Anda gagal men-download kedua file tersebut, maka masuklah ke situs www.clamav.net, lalu tepat di bawah judul Latest releases” terdapat link “daily.cvd”. Anda tinggal meng-klik kanan link tiap file tersebut, lalu pilih “Save As”.

B. Tempatkan file “daily.cvd” tersebut beserta file “main.cvd” yang terdapat pada folder ClamAV di CD/DVD majalah PC Media edisi ini ke dalam folder di mana PCMAV Cleaner/RTP berada.

3. Setelah semua prosedur diatas dilakukan, pastikan bahwa pada

folder PCMAV telah terdapat 7 (tujuh) buah file, yaitu:

1. PCMAV-CLN.exe      ==> dari paket PCMAV di CD/DVD PC Media

2. PCMAV-RTP.exe ==> dari paket PCMAV di CD/DVD PC Media

3. README.TXT ==> dari paket PCMAV di CD/DVD PC Media

4. libclamav.dll ==> hasil ekstrak download

5. libclamunrar.dll     ==> hasil ekstrak download

6. libclamunrar_iface.dll ==> hasil ekstrak download

7. main.cvd ==> dari paket ClamAV di CD/DVD PC Media

8. daily.cvd ==> hasil download

Sekarang Anda jalankan PCMAV-CLN.EXE, apabila ClamAV tersebut berhasil diintegrasikan oleh PCMAV maka akan tampil informasi mengenai database ClamAV pada kolom “PCMAV Informations”. Dan Anda sekarang dapat menggunakan PCMAV seperti biasa (termasuk RTP), tentunya dengan database virus yang lebih banyak.

Memang biasanya PCMAV akan berjalan sedikit lebih berat dan menscan lebih lama karena database virusnya akan meningkat drastis. ClamAV ini adalah program open source yang artinya program ini bebas dikembangkan oleh siapa saja. Sehingga data basenya pun termasuk lengkap. Jadi bagi anda yang mungkin menginginkan anti virus selain bawaan produk ternama bolehlah bergantung dengan program PCMAV + ClamAV. Kalau saya sih untuk sehari cukup AVG versi gratis dan PCMAV, tapi tidak ada salahnya menimbun program anti virus bermacam – macam sebagai persiapan bila ada virus nakal bin membandel yang mampir di hard disk kita.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s