The OtherSide Vers. 2

Sisi Lain dari diri saya

End of Story September 11, 2008

Filed under: KESEHARIAN — nikkiputrayana @ 2:59 pm
Tags:

Setelah harus bertarung dengan Semester Pendek satu yang mengharuskan ujian dalam satu minggu berturut – turut dengan hasil yang memuaskan ternyata itu belum mengkahiri cerita karena yudisium yang pertama mengabarkan bahwasanya saya masih memiliki hutang mata kuliah yang buruk di semester 5 yaitu PA dan Farmakologi. Dari sekian banyak mata kuliah di FK dan mungkin disemua fakultas lain. Maka PA inilah yang paling jahanam SKSnya. Setahu saya di fakultas lain SKS terbanyak adalah Skripsi yaitu 6 SKS. Maka PA ini adalah 8 SKS. Ya 8 SKS bulat tanpa bisa di potong – potong. Yang artinya adalah seperempat dari total SKS semester 5 dan 6 alias sub program 2. Artinya pula dia bisa menjadi kartu truf, kartu As dimana bisa untung atau malah buntung. Bayangkan kenaikan satu nilai adalah 8 poin.

Derita PA ini belum berakhir pada besarnya SKS maka pada SP 2 ini ditambah dengan kaku dan sakleknya para dosen PA terutama Ketua Program PA. Kelulusan adalah C dengan nilai minimal 60, soal baru dan tanpa belas kasihan. Yang ada adalah usaha pribadi dengan memperbaiki pola belajar. Seperti saya bilang angin surga ada pada dr. Edward yang memberi titik cerah. Beruntung pula hutang saya hanyalah 2 mata kuliah yang artinya saya tidak perlu memeras keringat dari awal lagi seperti nasib buruk kawan – kawan lain yang mengambil “paket lengkap” semester 5 dan 6.

Namun cobaan ini ditambah dengan keburaman hasil PA yang nilainya tidak diumumkan sehingga membuat hati selalu was – was. Ini juga diperparah dengan adanya kabar angin bahwa dari sekitar 50 anak yang ikut SP PA maka hanya 15 yang lulus. Ini juga tanpa kejelasan siapa saja yang termasuk 15 orang tersebut. Ini terus berlanjut sampai malam sebelum yudisium terakhir. Sampai akhirnya saya harus memberanikan diri menghadap Ketua Sub-Program ditempat prakteknya. Itu pun tanpa kejelasan karena dr. Pra tidak bisa membeberkannya dengan alasan hak prerogatif Ketua PA untuk mengumumkannya. Artinya sama aja boong untuk berani bertanya pada dr. Yudha. Malam itu dr. Pra hanya berpesan agar memperbanyak doa saja.

Keesokannya, karena dikompor – komporin teman2 saya ikut ujian Commed yang hanya 1 SKS, sapa tahu bisa bantu – bantu kata teman2. Sebenarnya saya pribadi tidak bisa konsentrasi penuh untuk mengerjakan soal – soalnya. Siangnya, dari jadwal yudisium jam 12 yang diundur terus karena rapat terakhir sampai jam 3 seolah – olah hanyalah menambah penderitaan saja. Ini ditambah dari kabar buruk angin dari mana yang tak bertanggung jawab bahwasanya sudah disiapkan tempat bagi anak yang tidak lulus untuk dikembalikan kebawah di semester satu karena baru saja yudisium semester 1 dan 2 ada sekitar 60 anak yang di DO.

Dari sekitar 40an anak yang menunggu yudisium ini dibagi 3 kloter dimana kloter pertama yang dipanggil ternyata adalah yang di DO. Kloter 2 ketika nama saya tidak dipanggil, lagi – lagi saya bertambah stress, apakah saya bukan yang lulus dan ternyata kloter ke 2 adalah anak – anak yang diturunkan atau diminta transfer universitas. Kloter satu dan dua ini dipanggil diruang rapat tersendiri untuk langsung face to face dengan dekan dan pembantu dekan. Pada kloter ke -3 dekan dan kawan – kawan malah mendatangi ruang tunggu kami di ruang kuliah sebelah ruang rapat. Tapi tetap saja saya masih was – was apakah saya akan terlempar ???

Dekan terus saja meneror kami dengan kata – kata yang menakutkan. Bahwasanya kami semua harus siap DO. Kami ini tidak aman dan sebagainya. Semua stress ini berlangsung selama 30 menit yang bagi kami bagai berjam – jam. Setelah 30 menit maka dekan dengan enteng berkata kepada kami ber-14 dalam ruangan yang berwajah pucat kuyu, “Semoga kalian semua Sukses dalam menempuh kuliah di semester 7 dan 8”

Seketika itulah darah seakan mengalir kembali dijantung saya. Nafas seakan kembali memenuhi paru – paru saya. 4 mahluk didepan meja sana berubah menjadi malaikat bukan lagi hantu pencabut nyawa. End of story.

 

One Response to “End of Story”

  1. amriek Says:

    bulan september ini memang menegangkan+menguntungkan….
    aku juga habis ujian proposal september kemaren itu yang tegang
    nah yang menguntungkan seh bulan ini aku ulang tahun berarti banyak dapet kado hehehehehe
    menurutmu????


Tinggalkan Balasan

