The OtherSide Vers. 2

Sisi Lain dari diri saya

Orang Tak Beriman pun Berhak Hidup September 11, 2008

Filed under: ISI PIKIRAN — nikkiputrayana @ 5:55 am
Tags: , ,

Itulah judul berita pada bagian sosok, di harian Jawa Pos, 7 September 2008. Sosok yang diketengahkan adalah Achmad Syafi’i Ma’arif atau akrab dipanggil Buya Syafi’i. Beliau adalah mantan Ketua Umum Muhammadiyah yang menerima penghargaan Magsasay Award untuk 2008 kategori Peace and International Understanding. Beliau termasuk tokoh Islam yang moderat dan pluralisme.

Beliau adalah tokoh yang terbuka untuk semua kalangan. Menurut beliau pula bahwa dunia ini penuh dengan keberagaman termasuk didalamnya keberagaman dalam iman seseorang. Bahwasanya dunia haruslah bisa saling bergandengan tangan dalam keberagaman ini dan tidak saling memaksakan kehendaknya satu sama lain. Seperti petikan wawancara beliau.

˝Bahwa tidak hanya orang yang beriman yang berhak hidup dimuka bumi, tapi juga orang yang tidak beriman, bahkan ateis sekalipun. Dengan satu syarat, semuanya sepakat untuk hidup saling berdampingan dengan saling menghormati secara damai.”

Karena itulah beliau juga mengutip salah satu ayat di Al Qur’an yaitu Surah Yunus ayat 100. Yang beliau katakan dalam wawancara, bahwasanya :

“….persoalan iman itu bukan urusan Allah. Itu murni hak manusia, muncul dari kesadaran kita semua. Yang paling penting adalah kerukunan dan tidak saling mengganggu. Tidak saling membunuh, tidak pula saling meniadakan……”

Karena itu saya juga akan mengutip ayat Al Qur’an Surah Yunus tersebut :

Surah Yunus : 99 ” Dan jika Tuhan-mu menghendaki, tentulah beriman semua orang dibumi seluruhnya. Tetapi apakah kamu (hendak) memaksa manusia agar mereka menjadi orang – orang yang beriman?”

Surah Yunus : 100 ” Dan tidak seorang pun akan beriman kecuali dengan izin Allah, dan Allah Menimpakan azab kepada orang yang tidak mengerti.”

Karena itulah pada ayat tersebut, Allah jelas mengatakan bahwa beriman atau tidak itu adalah urusan manusia dan tiada orang yang boleh semena – mena memaksakan kehendaknya kepada orang yang tidak ingin beriman. Itu adalah pilihan individu masing – masing. Allah hanya jelas – jelas mengatakan bahwasanya terdapat ganjaran yang seimbang bagi yang mau beriman atau tidak, dan itu adalah hak prerogatif Tuhan, bukan manusia.

Sehingga artinya, apabila kita mau mengerti ayat – ayat Al Qur’an tersebut, tidak ada lagi perbuatan sewenang – wenang terhadap orang lain yang berbeda keimanannya terhadap kita. Tiada lagi perasaan saling hina dan mendengki terhadap keyakinan orang lain. Tiada lagi saling memusnahkan keyakinan orang lain. Toh … kita dianggap beriman atau tidak bukan oleh sesama kita manusia tapi oleh Allah, seperti jelas – jelas tercantum pada Surah Yunus ayat 100.

Jadikanlah agama Islam kita benar agama rahmat bagi semua umat, baik yang beriman, berdosa, ateis, atau berseberangan keyakinan. Sehingga agama kita bukan lagi agama yang lalim, menindas dan hobi menghukum. Ini ujung – ujungnya menjadikan agama kita, agama yang sejuk dan menarik bagi umat yang lain, baik yang tak beriman maupun berdosa. Saya sendiri hanyalah seorang hamba yang masih dangkal ilmu agamanya, namun saya selalu mendukung penuh bahwasanya agama kita mendukung keberagaman dan merangkulnya. Amien.

 

2 Responses to “Orang Tak Beriman pun Berhak Hidup”

  1. aji Says:

    pluralitas: keberagaman (ini memang sudah alamiah adanya..)
    pluralisme: paham yang meyakini semua agama benar (ini yang harus ditolak..)
    tapi tetap peace..

    • Benar atau salah untuk hukum Tuhan bukan hak manusia. Itu hak yang Kuasa. Toh kita tidak pernah diberi “daftar rincian” benar dan salah kita selama hidup oleh Tuhan. Yang penting kita terus menabung dan menabur kebaikan. Biarlah hitung – hitungan benar dan salahitu urusan yang Kuasa nanti di akhir dunia.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s