The OtherSide Vers. 2

Sisi Lain dari diri saya

Seputar Banjar Indah (Seri Banjarmasin) September 14, 2008

Filed under: TRAVELLING — nikkiputrayana @ 2:49 pm
Tags: , ,

Hari pertama di Banjarmasin belum menjelajah Banjarmasin soalnya karena suasana puasa maka selain malas bepergian juga kota Banjarmasin setengahnya lumpuh oleh karena kebijakan pemda bahwasanya warung makanan juga harus tutup pada bulan puasa. Jauh berbeda dengan Surabaya. Karena itu hari pertama hanya coba – coba keliling Banjar Indah.

Ternyata sekarang sudah banyak perubahan, selain saya sendiri sudah lama tidak pulang. Di jalan utama sekarang sudah penuh dengan rumah. Sekarang sudah tidak ada lagi lahan kosong, juga banyak sekali bermunculan warung makan, mulai dari khas banjar sampai yang bukan khas Banjar. Jalan utama yang sewaktu saya kecil terasa lebar dan sepi karenanya saya sering bermain sepeda dengan santai sekarang sudah terasa sangat sempit dan sumpek karena kendaraan dari berbagai perumahan sekarang lewat jalan utama tadi.

Kalau jaman dulu Banper (Banjar Indah Permai) paling banter tembus ke Beruntung Jaya dan Komplek ABRI maka sekarang sudah banyak tembus kemana – mana. Banyak sekali perumahan baru berkembang terutama kearah Utara yang bisa tembus ke Buncit dan Selatan yang semakin merapat ke Beruntung Jaya. Kalau dulu kerika kecil Banper dan Beruntung batasnya jelas terlihat oleh adanya lahan sawah yang luas maka sekarang batas – batas itu semakin kabur. Hanya kearah Barat setelah perumahan Kayu Balau menuju Tatah Belayung yang kurang berkembang. Didaerah Tatah Belayung masih banyak pohon kelapa dan daerah rawa –rawa yang luas sekali (dahulu disini adalah persawahan yang luas). Saking luasnya dan banyaknya persimpangan baru serta wajah rumah yang saya lupa atau berubah maka andaikan saya berjalan – jalan selain dijalan utama maka saya bisa tersesat di daerah masa kecil saya sendiri.

Namun satu hal yang saya pikir belum berubah semenjak dahulu yaitu masalah keamanan. Semenjak kecil memang banyak sekali pencurian, tapi ya sebatas mencuri itu bukan perampokan. Sasaran prasangkanya (entah benar atau tidak) adalah daerah Tatah Belayung sebagai kampung maling. Memang dahulu Tatah Belayung ini berbeda sekali status ekonominya. Dahulu ketika rumah – rumah di Banper sudah mengikuti perkembangan jaman maka Tatah Belayung masih khas perkampungan desa tradisional Kalimantan. Seiring tersambungnya daerah lain dengan Banper maka bertambah pula daerah prasangka buruk namun tetap saja ujung – ujungnya Tatah Belayung.

Hari pertama ini Banper saya sudah mendengar 4 rumah yang kebongkaran (kecurian). Malam kedua ini warung empek – empek yang ada dijalan utama kecurian 2 buah tabung gas. Hebatnya mereka mencuri ketika warung itu buka, satu tabung masih terpasang dan satu tabung ada diruang tamu warung itu. Engkoh empek – empek yang asli palembang dengan logatnya Cuma bisa bilang “Lagi apes, kalo musibah ndak bisa dihindari, apes….”.

Jadilah itu cerita yang semenjak kecil ndak berubah dari Banper, masalah keamanannya dan prasangka buruk warganya. Mungkin bakal ada ronda keliling antar warga lagi seperti saya kecil dulu.

 

6 Responses to “Seputar Banjar Indah (Seri Banjarmasin)”

  1. hary Says:

    Numpang Mas….

  2. amriek Says:

    coba ada aku…pasti jalan2nya jadi enak…….

    aku ikut donk sayang….

    mana foto ulinnya

  3. Dee Says:

    Banjar Indah?
    kayanya aq familiar sekali ama komplek ituh.
    Tapi blom pernah ke sana.
    Maybe someday… heheheheh…
    makasi dah bikin ‘liputan’ soal banjar indah
    Salam kenal

  4. #dee
    emang asli mana mbak ?? salam kenal juga.

  5. Ahmad Says:

    Blayung kd d kampung maling!blayung it ad sudah lbh dlu dri banper?yg maling it bkn dari org blayung,mlainkan org klayan?jd jgn asal smbat ja wal na?

    • mohon maaf boss… hanya memutar memori waktu kecil saja. Hal itulah yang sering terdengar oleh saya dahulu. Mungkin benar juga kata anda, mungkin lewat anda bisa dibenarkan stigma negatif itu…


Tinggalkan Balasan

