The OtherSide Vers. 2

Sisi Lain dari diri saya

Off The Record November 19, 2008

Filed under: KESEHARIAN — nikkiputrayana @ 6:40 am
Tags: , , ,

Ini cerita lain lagi dari dr. Heru si ahli bedah thorak. Cerita yang sebenarnya off the record. Ndak akan pernah ada di media massa. Ndak akan pernah ada beritanya di koran walau semua koran se Indonesia di bongkar edisi yang lalu – lalu. Cerita dari ihwal berdirinya OK (kamar operasi) bedah di RSAL dr. Ramelan.

Cerita ini diawali dari persiapan hari ulang tahun Angkatan Laut sekitar tahun 2000-an. Di saat dr. Heru sedang berada di ruang kerjanya dia mendapat telepon dari seorang perwira di RSAL. Intinya agar dr. Heru secepatnya melakukan bedah di RSAL. Foto pasien akan dikirim secepatnya ke dr. Heru. Setelah menerima foto passien maka dilihatlah bahwa ada korban dengan sebuah besi dengan diameter setengah centi menembus lengan kiri lalu menembus dada dan terus tembus kelengan kanan. Jadi pasien itu tampak seperti manusia yang disate. Pasien itu wanita KOWAL (korps wanita angakatan laut) dan masih hidup namun tetap butuh pertolongan bedah segera.

Wow….. dr. Heru terkesima melihat fotonya. Bagaimana ini bisa terjadi. Ternyata pada saat latihan gerakan manuver senjata laras panjang yang diputar – putar itu terjadi sebuah letusan dan robohlah si KOWAL itu dengan besi menancap. Ternyata besi itu berasal dari besi yang digunakan untuk membersihkan laras senapan, karena daya letusan senapan laras panjang sangat besar maka besi itu bisa menembus seluruh badannya.

Dr. Heru bilang bedah ini tidak mungkin dilakukan di RSAL karena RSAL tidak mempunyai fasilitas yang lengkap untuk melakukan tindakan – tindakan yang sangat diperlukan. Jadi pasien harus dibawa ke RS dr. Soetomo yang lebih lengkap. Perwira itu lalu menelpon ke Mabes AL di Jakarta dan mendapat jawaban bahwa tetap harus dilakukan di RSAL karena ini adalah top secret alias rahasia negara. Ini aib Angkatan Laut.

Akhirnya dr. Heru mengalah dan membawa berpeti – peti alat bedah ke RSAL. Di RSAL alat diletakkan di ruang bedah biasa dan dilakukan pemeriksaan mendalam pada korban. Diketahui bahwa selain menembus lengan dan dada maka isi dada seperti paru dan Jantung juga terkena, sehingga pencabutan besi itu tidak bisa dilakukan seenaknya. Maka dilakukan operasi bedah besar dengan mencabut besi secara perlahan step by step per organ. Dan Berhasil. Kowal itu selamat.

Berita itu akhirnya dilaporkan ke Mabes AL dan sampai juga ke telinga KSAL. Maka setelah upacara hari ulang tahun AL maka KSAL meninjau RSAL dr. Ramelan. Beliau marah besar. Bagaimana ini bisa terjadi pada RSAL dr. Ramelan, sebuah Rumah Sakit tipe A dan pusat kesehatan militer AL seluruh Indonesia tidak mempunyai OK bedah yang mumpuni. Padahal RSAL dr. Ramelan itu setingkat dengan RSAD Gatot Subroto di Jakarta, walau memang ketimpangan antara fasilitas AD dengan Angkatan lain sangat mencolok, ini tidak bisa dibiarkan. Beliau lalu memerintahkan Karumkit RSAL agar membeli peralatan bedah berapapun harganya dan berapapun banyaknya. Fasilitas OK harus lengkap dan siap pakai dalam waktu 3 bulan. Akhirnya dalam 3 bulan berikutnya untuk pertama kalinya RSAL dr. Ramelan memiliki OK Bedah yang lengkap dan sanggup menangani bedah apa saja.

Sehingga sekarang RSAL dr. Ramelan fasilitasnya tidak kalah lengkap dibanding RS dr. Soetomo. Semua itu terjadi berkat jasa KOWAL itu tadi. Namanya tidak pernah tercatat sebagai orang yang berjasa bagi RSAL dr. Ramelan atau bagi AL. Memang pernah diusulkan agar namanya ditulis di plakat di RSAL namun sampai sekarang itu tidak pernah terjadi. KOWAL itu sekarang masih hidup walau suaranya menjadi parau dan sulit bicara karena besi yang menancap itu juga mengenai nervus Phrenicus. Jadi KOWAL itulah yang sebenarnya berjasa sehingga RSAL mempunyai OK bedah.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s