The OtherSide Vers. 2

Sisi Lain dari diri saya

Maryamah Karpov, Blunder Andrea Februari 10, 2009

Filed under: DUNIA CERITA — nikkiputrayana @ 3:04 am
Tags: , , , , , , ,

Posting ini sebenarnya agak terlambat. Sudah beberapa bulan lalu seri tetralogi Laskar Pelangi yang terakhir yaitu Maryamah Karpov dijual dipasaran. Saya sih ndak beli bukunya cuma pinjam bukunya di persewaan buku. Maklum bukan pembaca yang berlimpah uang dan termasuk pengikut gratisan.

Sejatinya saya mempunyai over predicted terhadap Maryamah Karpov. Sebagai seri pamungkas maka tentunya semua kemampuan Andrea Hirata disini akan dikeluarkan atau paling tidak seperti semua cerita serial maka semua dahaga penasaran pembaca pasti akan dipuaskan. Mungkin ini juga dirasakan oleh semua pencinta laskar pelangi. Apalagi pemanasan buku Maryamah Karpov sudah sejak lama, dipanaskan oleh Laskar Pelangi on the movie yang meledak, ditambah pengunduran jadwal terbitnya.

Namun ternyata seperti kata – kata Andrea sendiri dalam buku Maryamah Karpov bahwasanya dia juga over valued dalam menaksir kehidupannya dan asal namanya. Maka bagi saya pribadi buku seri terakhir ini menjadi sedikit blunder bagi Andrea. Isinya tidak seperti yang kita harapkan bahwasanya disinilah puncak petualang hidup Andrea atau cintanya dipuaskan.

Cerita A Ling yang dicari keberbagai penjuru dunia ditampilkan disini lagi namun lebih bertele – tele pada masalah pembuatan kapalnya, setelah Andrea dapat mencari A Ling maka ceritanya pun hanya sampai disitu. Cerita cintanya dengan A Ling seakan dipercepat langsung ketika Andrea meminta restu ayahnya. Tercatat hanya satu kali saja A Ling diceritakan lagi setelah kembali lagi ke Belitong. Ini tentu tidak sebanding dengan cerita ketika ia mencari – cari A Ling di seri – seri yang lain. Sejak seri pertama saja sudah di ceritakan bagaimana pencarian Andrea akan A Ling.

Cerita Lintang pun demikian. Memang Lintang banyak disebutkan disini, terutama saat mendampingi Andrea dalam pembuatan kapal dari pertama sampai akhir. Namun Andrea lupa menceritakan bagaimana perjuangan bocah nelayan Lintang itu bisa bangkit dari supir truk menjadi juragan kelapa. Padahal bagi saya itu yang saya tunggu – tunggu.

Kita sejak seri pertama Laskar Pelangi mungkin juga bertanya – tanya siapa Maryamah Karpov itu ? Bagi pembaca mungkin ketika melihat cover depan buku Maryamah Karpov mungkin menduga itu foto A Ling, karena memang wajah wanita di cover itu sedikit berwajah etnis tionghoa. Namun akhirnya kita semua tahu di buku terakhir ini, tapi hanya segelintir saja si Maryamah ini diungkap. Ternyata Maryamah hanyalah orang yang banyak tahu betul tentang taktik catur bukan wanita yang lahir di Rusia.

Jadi …. buku terakhir Andrea memang sedikit melenceng dari dugaan saya atau bahkan pembaca yang lain. Buku ini sebenarnya lebih bersifat buku antropologi budaya. Karena dibuku ini memang banyak dijlentrehkan bagaimana budaya sehari – hari masyarakat Belitong. Kita jadi tahu bagaimana sifat – sifat suku melayu, Khek, Tionghoa disana. Kita jadi tahu seperti apa kehidupan warung kopi disana dan permasalahannya. Kita jadi tahu seperti apa Belitong setelah melarat. Kita jadi tahu sejarah Belitong dan sekitarnya. Tak kalah lucu kita jadi tahu kenapa orang disana memiliki gelar yang lucu – lucu, apakah Andrea sudah minta izin kepada semua orang warung kopi itu ?? hehehehe…..

Memang Andrea adalah penulis dadakan. Karyanya baru Tetralogi Pelangi ini dan baru kali ini dia menulis dan menjadi best seller. Karyanya memang patut diacungi jempol bisa menenggelamkan Kang Habiburahman yang lebih dulu ngetop meski pasarnya sedikit berbeda. Tapi mungkin Andrea masih perlu terus bertansformasi untuk menjadi penulis legenda. Masih perlu waktu mungkin. Jujur bila disuruh memilih buku mana yang paling menunjukkan Andrea dan yang paling berkualitas dari segi sastra maka seri Sang Pemimpi adalah yang terbaik.

Teruslah membuat karya Andrea.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s