The OtherSide Vers. 2

Sisi Lain dari diri saya

Joesoef Isak Meninggal Dunia Agustus 16, 2009

Filed under: ISI PIKIRAN — nikkiputrayana @ 1:08 pm

Saya pernah menulis tentang Joesoef Ishak di blog saya. Yaitu tiga serangkai jebolan tahanan politik yang mendirikan penerbitan buku Hasta Mitra. Pada hari Sabtu tanggal 15 Agustus 2009 pada jam 01.30 di kediamannya Jalan Duren Tiga, Jakarta. Beliau dimakamkan di TPU Jeruk Purut pada siang harinya.

Karyanya yang terakhir dan belum sempat diedarkan adalah Memoir Ang Jang Goan, seorang tokoh pers tiga jaman dan pendiri Rumah Sakit terkemuka di Jakarta, seorang keturunan Tionghoa yang pada masa orde baru turut tersingkir keluar negeri dan wafat di Kanada.

Bersama Pramoedya Ananta Toer dan Hasjim Rahman, ia berjuang untuk bisa menyuarakan kebebasan lewat karya tulis. Seperti yang sudah saya ceritakan di postingan saya sebelumnya “Hasta Mitra Sahabat Pramoedya Ananta Toer” . Ia adalah pejuang kemanusian yang teguh memperjuangkan antidiskriminasi sampai akhir hayatnya.

Semoga ia damai dalam sisi lindungan-Nya

 

3 Responses to “Joesoef Isak Meninggal Dunia”

  1. Majalah di mana hasil wawancara dengan Bapak Joesoef Isak mengenai Adam Malik, sahabatnya (Majalah Biografi Politik) baru saja terbit, 17 Agustus 2009. Sayang, beliau tidak bisa ikut membacanya.Pada waktu wawancara, beliau semangat sekali dan terus merokok. Saya tanya, kenapa terus merokok pak, sedangkan bapak sudah berkali-kali keluar masuk rumah sakit. Beliau menjawab, jika berhenti merokok, ya tidak ada wawancara. Waktu itu wawancara diselingi gumpalan-gumpalan asap yang tidak henti-hentinya. Saya tidak menyangka, beliau pergi secepat itu. Selamat Jalan Wartawan Kawakan. Semoga Allah SWT memberi ampunan dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran. Amin…!!!!

  2. #bung dasman
    terima kasih buat info dan commentnya. Bung dasman sendiri wartawan ?
    Memang, 3 serangkai ini sebenarnya orang2 yang teguh berdiri diatas lautan kata – kata. Bangsa kita perlu banyak orang macam beliau

  3. bagyojose Says:

    mengenang karya beliau


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s